Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Headline

Bandara Kereta IKN Diproyeksikan Rampung pada 2030

198
×

Bandara Kereta IKN Diproyeksikan Rampung pada 2030

Sebarkan artikel ini

KALBAR – LIPUTAN BERITA7. Jalur kereta regional yang menghubungkan IKN, Samarinda, Balikpapan dan area-area sekitarnya saat ini sedang dalam proses tahap studi awal, termasuk soal rencana jalur-jalur kereta tersebut. Nantinya, perlu dilakukan studi lebih lanjut dalam bentuk studi kelayakan ataupun rancangan konstruksi dasar sebelum sebelum diimplementasikan. (31/5/2024).

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Silvia Halim menargetkan pembangunan kereta yang menghubungkan Bandara Sepinggan Balikpapan dengan IKN rampung pada 2030.

Example 300x600

“Untuk kereta yang menghubungkan Bandara Sepinggan Balikpapan – IKN justru yang lebih dahulu dibangun, karena memang ini diekspektasikan untuk bisa selesai pada tahun 2030,” kata Silvia, Kamis, 30 Mei 2024, seperti lansir dari Antara.

Baca Juga :  Pemred Riau Berantas Sebut SF Harianto Lecehkan Profesi Wartawan

“Implementasinya kita akan melihat sesuai dengan perkembangan kota IKN. Pada tahap awal tentu saja kita belum ekspektasikan untuk dibangun, karena berdasarkan rencana induk kita ekspektasikan mungkin mulai dibangun setelah 2035 untuk kereta regional,” ucap Silvia.

Lebih jauh Silvia membeberkan rencana pembangunan kereta Bandara Sepinggan-IKN dan kereta regional itu selaras dengan target 80 persen transportasi publik di IKN. “Inilah justru target rencana kita.”

Kereta Bandara yang menghubungkan IKN-Bandara Sepinggan Balikpapan digadang-gadang menjadi moda transportasi makro berbasis transit yang menghubungkan IKN dan Balikpapan, serta memfasilitasi inter-city accessibility.

Dengan adanya Kereta Bandara tersebut, diharapkan waktu perjalanan antara Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan Bandara Sepinggan Balikpapan dapat dipangkas kurang lebih 34 menit dengan jarak tempuh sekitar 46,06 km. (red).

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *