Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
HeadlineTeknologi

Aplikasi Pesan Instan ICQ Bikinan Israel Setelah 28 Tahun, Mengumumkan Tutup

196
×

Aplikasi Pesan Instan ICQ Bikinan Israel Setelah 28 Tahun, Mengumumkan Tutup

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – LIPUTAN BERITA7. ICQ (berasal dari lafalan frase I Seek You), bersama AOL Instant Messenger atau MSN Messenger, termasuk generasi awal layanan pesan instan yang merintis perkembangan aplikasi perpesanan real time. Perbedaan ICQ adalah platform ini memberikan penggunanya nomor identifikasi mulai dari lima digit yang akan mereka gunakan untuk saling terkoneksi satu sama lain. (30/5/2024).

Dilansir dari TEMPO.CO  Perusahaan teknologi Rusia, Mail.ru, yang telah menggawanginya sejak 2010 lalu tiba-tiba menerbitkan sebuah pesan perpisahan pada Jumat, 24 Mei 2024. “ICQ akan stop berfungsi per 26 Juni nanti,” bunyinya sambil mendorong para penggunanya untuk beralih ke platform chat lain.

Example 300x600

Chat ini juga mempunyai fitur tak biasa seperti pesan SMS dan kemampuan untuk mengirim pesan kepada orang yang sedang offline. Dan, tentu saja, dengan alert atau suara notifnya yang khas setiap pesan diterima.

Baca Juga :  Luar Biasa Pusat Data Nasional Kena Ransomware

ICQ dibuat oleh perusahaan Israel, Mirabilis, pada 1996 yang kemudian dibeli AOL pada 1998. ICQ pernah tumbuh menjadi 100 juta pengguna terdaftar saat merger dengan AOL, tapi AOL menjual ICQ lagi ke Digital Sky Technologies, perusahaan yang dimiliki VK atau dikenal sebagai Mail.ru, pada 2010 lalu. Akuisisi dilakukan karena ICQ kala itu sangat populer di Rusia dan VK berniat mengembangkannya.

Versi modern dari ICQ sudah digunakan dan berfungsi seperti aplikasi perpesanan lainnya, sebut saja WhatsApp dan Telegram. Namun, aplikasi ini sudah menghilang dari Apple App Store dan Google PlayStore per Maret 2023. Kemungkinan ICQ sudah berakhir sejak setahun lalu dan pengumuman sepekan lalu bahwa layanan stop per Juni nanti hanya ingin membuatnya resmi.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *