Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
HeadlineInternasional

Warga wilayah Kagoshima Kumamoto, dan Miyazaki diimbau Evakuasi Imbas Topan Nanmadol

394
×

Warga wilayah Kagoshima Kumamoto, dan Miyazaki diimbau Evakuasi Imbas Topan Nanmadol

Sebarkan artikel ini

Berita Internasional Liputan Berita7 Berdasarkan laporan NHK, otoritas setempat telah mengeluarkan instruksi evakuasi tingkat empat kepada para warga yang tinggal di wilayah Kagoshima, Kumamoto, dan Miyazaki.

Langkah evakuasi ini diambil ketika Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tertinggi untuk wilayah Kagoshima. Selain itu, peringatan khusus topan ini merupakan yang pertama untuk wilayah di luar Okinawa sejak pembaruan sistem pada 2013.

Example 300x600

Dua juta orang di Jepang diperkirakan akan mengungsi setelah adanya peringatan khusus terkait Topan Nanmadol.

Badan Meteorologi Jepang memasukkan Topan Nanmadol ke dalam kategori “brutal”. Topan tersebut berembus hingga 270 kilometer saat berputar sekitar 200 kilometer di utara-timur laut pulau Minami Daito, bagian dari pulau-pulau terpencil di Okinawa.

Topan Nanmadol diperkirakan akan mendekati prefektur Kagoshima pada Minggu (18/9) waktu setempat lalu bergerak ke utara, hingga menuju pulau utama Jepang.

“Ada risiko badai, gelombang tinggi, gelombang badai, dan rekor curah hujan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata kepala unit prakiraan Badan Meteorologi Jepang, Ryuta Kurora, seperti dikutip dari AFP.

Ia mendesak warga untuk segera evakuasi sebelum badai datang. Selain itu, kata Kurora, badai ini diprediksi akan menyebabkan rumah-rumah roboh, banjir, dan tanah longsor.

“Diperlukan kehati-hatian maksimal,” lanjutnya. “Ini topan yang sangat berbahaya.”

Baca Juga :  Pj. Walikota Lhokseumawe Terima Penghargaan UHC Awards 2023 dari Wapres RI
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *