Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Teknologi

Gempa berkekuatan Magnitudo 5,7 terjadi di Papua Pegunungan

212
×

Gempa berkekuatan Magnitudo 5,7 terjadi di Papua Pegunungan

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – LIPUTAN BERITA7. Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura bisa  merasakan gempa yang sama pada skala II MMI atau getarannya hanya bisa dirasakan sebagian orang yang berada di dalam rumah. Pada skala ini, gempa hanya membuat benda ringan yang digantung bergoyang. (21/06/2024).

Dilansir dari TEKNO TEMPO.CO Gempa berkekuatan Magnitudo 5,7 terjadi di Papua Pegunungan pada Jumat pagi ini, 21 Juni 2024. BMKG mencatat gempa yang berpusat di darat ini tepatnya pada pukul 07.11 WIB atau 09.11 waktu setempat.

Example 300x600

Info awal BMKG menyebut pusat gempa ini berada 68 kilometer timur laut Yalimo. Kedalamannya, 78 kilometer.

Intensitas guncangannya terukur pada skala II-III MMI di Wamena. Pada skala itu guncangan gempa terkuat dirasakan sebagai getaran yang nyata dirasakan di dalam rumah, seakan ada truk melintas.

Baca Juga :  Rencana Rilis PlayStation 6 Berpotensi Terungkap, Berkat Microsoft

Dalam keterangan tertulis yang dibagikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa ini dipicu oleh deformasi batuan kerak bumi. Dalam keterangan itu pula dicantumkan pembaruan informasi kekuatan gempa menjadi M5,5.

Pada Kamis malam, BMKG juga mencatat kejadian gempa dengan dampak guncangan yang kurang lebih setara di Maluku Tengah, Maluku, dan Bawean, Jawa Timur. Kekuatan Magnitudonya 2,6 dan 3,6.

Gempa di Saparua, Maluku Tengah, terjadi pada pukul 19.31 WIB atau 21.31 waktu setempat, berpusat di laut. Sedangkan yang di Bawean pada pukul 19.41 WIB, pusatnya juga di laut.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *