Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
HeadlineJakarta

Ekspor Industri Manufaktur Tembus USD 187 Miliar Melampaui Target

219
×

Ekspor Industri Manufaktur Tembus USD 187 Miliar Melampaui Target

Sebarkan artikel ini

Menteri Perindustrian : Produk manufaktur kita telah berdaya saing sehingga diakui dunia

Jakarta | Liputan Berita 7 – Industri pengolahan nonmigas masih konsisten memberikan kontribusi yang dominan terhadap capaian nilai ekspor nasional. Pada tahun 2023, ekspor sektor manufaktur menembus USD186,98 miliar atau menyumbang 72,24 persen dari total nilai ekspor nasional sebesar USD258,82 miliar.

“Di tengah kondisi dunia yang sedang tidak stabil, industri kita tetap agresif untuk memperluas pasar ekspornya. Ini menandakan bahwa produk manufaktur kita telah berdaya saing sehingga diakui dunia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu (17/1).

Example 300x600
Baca Juga :  Gunakan Aplikasi SIPGA, Hari Kesehatan Nasional Ke-58 Tahun 2022 Polsek Kuala Mandor B Pecahkan Rekor Muri

Menperin menegaskan, realisasi ekspor industri manufaktur selama Januari-Desember 2023 tersebut melampaui target yang ditetapkan, yang sebelumnya diproyeksi sekitar USD186,40 miliar. “Untuk tahun 2024, kami menargetkan USD193,4 miliar. Kami optimistis bisa tercapai,” ungkapnya.

Menperin menyebutkan, beberapa sektor yang menjadi penyumbang paling besar terhadap capaian nilai ekspor industri manufaktur nasional, antara lain industri logam dasar, industri makanan, industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia, industri kendaraan bermotor, trailer dan semitrailer, industri komputer, barang elektronik, dan optik, serta industri kertas dan barang dari kertas.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *