Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
HeadlineJakarta

25 Ilmu Tentang Keuangan Menurut Alkitab, Mau Tahu! Berikut Ulasannya

1483
×

25 Ilmu Tentang Keuangan Menurut Alkitab, Mau Tahu! Berikut Ulasannya

Sebarkan artikel ini

Penulis : Paulus Simalango, SH

2. Anggaran atau Budget
Membuat anggaran adalah cara simple untuk mengontrol pengeluaran yang tidak jelas dan menjaga cashflow keuangan kita tetap stabil dan oke. Bayangkan, jika misalkan sekarang sudah masuk akhir bulan, tahunya kita tidak punya cukup uang dan harus nunggu gajian berikutnya, so pasti ini akan sangat mengganggu segalanya. Seperti di dalam kitab Lukas 14:28-30 berkata, “Kalau kita mau membangun gedung, Mesti duduk dulu, hitung-hitung berapa biayanya, Jika tidak bisa saja setelah bikin pondasi ternyata duitnya tidak cukup buat nyelesain bangunan itu, malah jadi bahan olok-olokan kan?”. Itu pentingnya kita membuat budget atau anggaran agar kita tidak membuka pintu untuk kegagalan kita sendiri. Kita harus duduk, buat rencana dan punya disipilin untuk menjalankan rencana tersebut.

3. Menabung Tidak Mungkin Salah
Kita tentu ingat kisah tentang Yusuf dalam Alkitab. Yusuf begitu hebat dan luarbiasa dalam mengartikan mimpi yang sulit dari Raja Mesir Firaun. Diceritakan bahkan akan ada 7 tahun panen melimpah dan musim yang bagus, tetapi setelah 7 tahun panen melimpah akan ada juga 7 tahun musim kemarau atau kekeringan yang mengakibatkan kelaparan besar yang melanda seluruh negeri. Nah, untuk mengantisipasi 7 tahun kekeringan, Yusuf menyampaikan kepada Raja Fir’aun untuk menyimpan seperlima dari segala hasil panen yang didapat selama 7 tahun musim panen yang melimpah itu. Dengan memperhatikan peringatan dari Yusuf, Mesir akhirnya bisa selamat dan melawati masa-masa kekeringan selama 7 tahun. Bahkan, masih bisa membantu negara lain yang tentunya memberi imbalan lebih kepada Mesir. Pelajaran moralnya simple banget, “Tabunglah sebagai uang kita setiap kita mendapatkan gaji atau keuntungan dalam usaha kita, untuk jaga-jaga kalau ada keadaan darurat, meskipun harapannya kita bisa nabung lebih banyak, tetapi kita bisa memulai dari nilainya yang sedikit-sedikit saja dulu, misalkan kita nabung 20% dari yang kita dapat”.

Example 300x600
Baca Juga :  Dukung Reformasi Birokrasi Kejaksaan, Menteri PANRB Dianugerahi Penghargaan R. SOEPRAPTO AWARD

4 Pintar-Pintar Berinvestasi Dan Bangun Kekayaan
Salah satu alasan terbaik kenapa kita harus menabung adalah buat buka peluang untuk berinvestasi yang menguntungkan seiring waktu. Banyak dari kita yang bela-belain ngeluarin ratusan ribu setiap bulan buat ngopi, makan diluar, ngerokok dan lainnya. Kalau kita masuk kategori ini, gimana kalau kita tabung aja duit itu buat investasi di pasar saham, atau secara pasif lewat investas dividen. Dalam sekejap duit kita tentunya akan bertambah terus-menerus dan itu akan menjadi pondasi kekayaan kita. Alkitab menulis di kitab Amsal 13:22 “Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya”. Jika kita tidak membangun kekayaan, bagaimana kita meninggalkan warisan untuk keturunan kita?.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *