Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
advertorialHeadline

PT. KAI Dan Pemerintah Daerah Bekerjasama Untuk Menjaga Keselamatan Perjalanan Kereta Api Di Musim Hujan, Khususnya Menjelang Periode Liburan Natal dan Tahun Baru

360
×

PT. KAI Dan Pemerintah Daerah Bekerjasama Untuk Menjaga Keselamatan Perjalanan Kereta Api Di Musim Hujan, Khususnya Menjelang Periode Liburan Natal dan Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Jakarta | Liputan Berita 7 – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengintensifkan penanaman pohon serta rumput akar wangi di sepanjang jalur kereta api. Langkah tersebut sebagai upaya KAI dalam memitigasi potensi longsor pada lereng melalui media tanaman. (14/12/2023).

Saat ini, KAI telah melakukan penanaman 4.311 pohon dengan rincian 3.419 pohon tinggi kurang dari 2 meter dan 819 pohon tinggi lebih dari 2 meter. Di samping itu, KAI juga telah menanam rumput akar wangi seluas 4.706 meter persegi di sejumlah lereng yang berpotensi longsor.

Example 300x600


“Penanaman pohon dan rumput akar wangi di sepanjang jalur kereta api tersebut merupakan bagian dari langkah KAI untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api di musim hujan, khususnya menjelang periode liburan Natal dan Tahun Baru. Program penanaman pohon dan rumput akar wangi ini akan terus kami lanjutkan di titik-titik yang masih bisa ditanami,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Baca Juga :  Danlanud Sam Ratulangi Silaturrahmi Dengan Danlantamal VIII Tingkatkan Sinergitas TNI

Pepohonan yang hidup di sepanjang jalur kereta api dapat menguatkan struktur tanah, mengurangi erosi, dan secara signifikan mengurangi risiko tanah longsor. Selain itu, tanaman ini juga dapat berperan sebagai penyerap air, membantu mengontrol aliran air hujan, dan mencegah terjadinya genangan air yang dapat mengganggu perjalanan kereta api.


Adapun rumput akar wangi merupakan tanaman ekologis dengan sistem perakarannya yang unik. Tanaman ini memiliki akar serabut yang tumbuh lurus dan bukan menyamping seperti tumbuhan rumput pada umumnya.
Akar yang lurus berfungsi untuk stabilitas tanah sedangkan akar dengan susunan yang tebal dan rapat berfungsi untuk menyebarkan air, menahan sedimen, dan sangat tahan terhadap bermacam-macam bahan kimiawi untuk rehabilitasi lahan.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *