Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
HeadlineJakarta

25 Ilmu Tentang Keuangan Menurut Alkitab, Mau Tahu! Berikut Ulasannya

1647
×

25 Ilmu Tentang Keuangan Menurut Alkitab, Mau Tahu! Berikut Ulasannya

Sebarkan artikel ini

Penulis : Paulus Simalango, SH

Jika kita ingin sukses penting banget untuk bergaul dengan orang-orang yang memiliki kebijaksanaan finansial. Mulai dari baca buku keuangan, ikut seminar tentang finansial, riset sendiri di google, dengerin podcast atau bahkan ngobrol santai sama orang yang ngerti tentang finansial. Banyak cara untuk diskusi dan dapati tentang setiap keputusan finansial yang kita ambil. Ingat kata pepatah yang terkenal, “Dua kepala lebih baik dari satu” jangan pernah ragu untuk menyerap pengetahuan dari orang-orang yang sudah sukses dibidang yang akan kita tekuni.

8. Hidup Hemat
Tentunya tidak mungkin kita bisa nabung, investasi dengan sehat atau hidup dibawah kemampuan kita jika kita tidak hemat. Alkitab mengatakan, kita harus benar-benar manfaatin segala yang kita punya, baik itu waktu ataupun uang. Kitab Amsal juga memberikan panduan kepada kita untuk berpikir seperti semut, yang selalu mampu memaksimalkan apa yang mereka punya dan bersiap untuk menghadapi musim dingin. Jika, kita type yang boros banget, coba buat daftar hal-hal yang bikin kita boros itu, sekaligus plus minusnya buat ngecek apa yang kita butuhkan dan inginkan, cari tahu barang-barang yang tidak perlu kita belanjakan dan berhenti buang-buang uang terlalu banyak untuk itu. Kita akan kaget betapa banyaknya uang yang telah kita buang percuma untuk membeli barang-barang yang tidak perlu.

Example 300x600
Baca Juga :  Sekretaris SMSI Jabar Akhmad Syukri Hadiri Baksos Wali Kota Bekasi Tri Adhianto di Lagoon Avenue Mall Bekasi

9. Jauhi Utang
Salah satu hal yang paling merugikan secara finansial adalah utang. Mulai dari pinjaman kartu kredit sampai utang pinjol. Sudah banyak orang yang kesulitan membayar utang mereka, utang benar-benar bisa merusak hidup kita. Amsal 22:7 berkata, “Orang kaya memerintah atas orang miskin, dan peminjam adalah budak si pemberi pinjaman”. Kalau, kita ambil utang dengan bunga yang tinggi, kita akan kerja keras banget buat membayar utang itu. Utang selalu menggadaikan masa depan kita, pasti akan ada saatnya utang harus dibayar dan kalau tidak bisa segera melunasi kedepan standar hidup kita bakal terus menurun. Usahakan, hindari situasi yang bisa merusak hidup kita ini.

10. Kerja Keras Cari Uang
Selain memperingatkan manusia supaya tidak rakus, Alkitab juga memberi wejangan untuk kita agar tidak jadi orang yang malas. Karena, malas tidak membuat kita bisa kaya, jadi untuk apa kita malas?. Jika, kita ingin bisa hidup nyaman dan bangun kekayaan yang bisa dipertahankan kita harus kerja keras dan tetap semangat menghadapi rintangan. Ada satu ayat keren dari Amsal 14:23 berkata, “Usaha keras selalu menghasilkan keuntungan, tetapi bicara saja hanya membuat miskin”. Bagaimana pun juga manusia diciptakan oleh Tuhan untuk bekerja, saat Tuhan menempatkan Adam dan Hawa di taman Eden. Allah memerintahkan mereka untuk bercocok tanam dan dan berkembang biak.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *