Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
advertorialHeadline

PT. KAI Dan Pemerintah Daerah Bekerjasama Untuk Menjaga Keselamatan Perjalanan Kereta Api Di Musim Hujan, Khususnya Menjelang Periode Liburan Natal dan Tahun Baru

632
×

PT. KAI Dan Pemerintah Daerah Bekerjasama Untuk Menjaga Keselamatan Perjalanan Kereta Api Di Musim Hujan, Khususnya Menjelang Periode Liburan Natal dan Tahun Baru

Sebarkan artikel ini

Akar rumput akar wangi diketahui mampu menembus lapisan setebal 15 cm yang sangat keras dan di daerah lereng-lereng yang keras dan berbatu. Ujung-ujung akar rumput mampu masuk dan menembus serta menjadi semacam jangkar yang kuat sehingga mempunyai kemampuan mencegah erosi lereng.
Selain penanaman pohon dan rumput akar wangi, KAI bersama pemerintah daerah juga melaksanakan upaya penanganan musim hujan lainnya dengan pembersihan sampah, normalisasi sungai, dan saluran air dari endapan lumpur maupun gulma eceng gondok di sepanjang jalur kereta api.

Di samping itu, upaya antisipasi yang KAI lakukan untuk keselamatan perjalanan KA di antaranya dengan menyiagakan petugas khusus di titik-titik rawan. Petugas tersebut secara bergantian bersiaga selama 24 jam untuk terus memantau daerah rawan bencana. Para petugas juga dapat langsung melakukan tindakan jika terjadi masalah pada jalur rawan tersebut.

Example 300x600

Baca Juga :  IKN Jadi Forest City, Universitas Mulawarman Kawal Pembangunan Ibu Kota yang Adaptif dan Inklusif

Selain menyiagakan petugas khusus, KAI juga telah menempatkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di berbagai stasiun yang berdekatan dengan daerah rawan. AMUS yang disiapkan tersebut berupa pasir dalam kantong karung, bantalan rel, perancah dari besi untuk penahan pondasi jalur, dan lainnya. Sejumlah peralatan ringan hingga alat berat seperti Multi Tie Tamper (MTT) juga disiagakan untuk merawat kondisi jalur rel agar tetap laik dilintasi kereta api.


Pengecekan jalur secara langsung juga rutin kami lakukan baik dengan jalan kaki maupun menggunakan lori dressin, bahkan para kepala daerah operasi terjun ke lapangan untuk dapat melakukan perbaikan dengan segera jika menemukan masalah.

“KAI terus proaktif berupaya dalam menyiapkan segala aspek khususnya dalam menghadapi musim hujan serta mengantisipasi longsor dan gangguan lainnya untuk terwujudnya kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api,” kata Joni.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *